Sabtu, 11 Januari 2014

Pupuk Hayati dari Keong Mas

Selamat berjumpa kembali rekan-rekan petani revolusioner yang saya kasihi….!!!!
Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu pertanian untuk sekedar menunjukkan kalau semua yang ada di alam saling membutuhkan.
Yang akan dibahas kali ini adalah mengenai pupuk hayati yang bahan dasarnya adalah keong mas.
Yup!!! Keong mas yang adalah hama pagi tanaman, ternyata dapat diubah menjadi pupuk guna menyuburkan pertumbuhan tanaman seperti padi dan sayur-sayuran. Fungi dari pupuk hayati keong ini adalah untuk menggantikan peran nitrogen yang biasanya diperoleh dari Urea yakni untuk “ABG Daun”.
Keong yang biasanya menyerang tanaman dapat dijadikan pupuk hayati. Pupuk hayati ini mengandung Lactobacillus sp, Azotobacter sp, dan Pseudomonas sp, bakteri pengurai bahan organic sehingga mengurai bahan organic termasuk nitrogen, phospat dan kalium menjadi nutrisi yang siap digunakan tanaman. Bahan untuk membuat pupuk hayati dari keong ini sangat mudah diperoleh karena banyak tersedia di alam. Bahan-bahan tersebut antara lain : keong mas, cairan tebu atau bias digantikan dengan gula merah, dan air kelapa.
Cara membuatnya pun sangat mudah. Pertama, tumbuk keong mas hingga halus, lalu masukkan ke dalam tong. Kedua, masukkan tetes tebu dan air kelapa, aduk sampai merata. Tutup rapat tong dan simpan selama 15 hari. Selanjutnya untuk aplikasi, dapat langsung disemp
rotkan pada tanaman atau jika dipakai untuk biostarter (pengompos) pupuk ini digunakan sebagai konsentrat dengan perbandingan 1 : 5. Selamat mencoba!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar